TENTANG GAGAL GINJAL

TENTANG GAGAL GINJAL

TENTANG GAGAL GINJAL

Ini ada tulisan bagus dari dik Cahya Malam Ela’ MBems.. seorang perawat HD di RS.dr.Iskak Tulung Agung… beliau ini sedihhh banget dg banyaknya pasien gagal ginjal.. simak tulisannya ya… mungkin bisa menjadi salah satu solusi sbg langkah preventif.. sy copas ya dik tulisan pnjenengan

Haii..haii.haii..ketemu lagi ya..4L..lela lagi lela lagi..

Sekarang bukan survey,tapi bahas soal GAGAL GINJAL

GAGAL GINJAL adalah ketidakmampuan ginjal dalam melakukan fungsi filtrasi,reabsorbsi, eksresi, dan juga sekresi
Ada 2 gagal ginjal…gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik..

Gagal ginjal akut,terjadi mendadak,spt halnya kondisi dehidrasi saat taerjadi demam berdarah, intoksikasi/keracunan obat/bahan beracun seperti pestisida bisa juga karena snake bite/gigitan ular, PEB sampai eklamsia/ hipertenai saat kehamilan.

Gagal ginjal kronik,perjalanan lambat dan lama,jadi biasanya adalah komplikasi dari penyakit sebelumnya seperti DM,Hipertensi, batu ginjal, asam urat, SLE

Apaan itu??
– Filtrasi adl penyaring namanya glomerolus jadi darah beserta komponen2 nya disaring d glomerolus, zat 2 berukuran kecil pasti akan dapat melewati saringan tsb seperti air, glucose, natrium, ureum, creatinin,asam urat. Zat2 dg ukuran molekul besar tidak akan lolos seperti sel darah merah, protein ( hampir tidak ada, ada tapi sedikit spt hormon)..

Saat viscositas/kekentalan darah meningkat yang menjadikan darah pekat, dan dari kompensasi menyempitnya dan kekakuan dari pembiluh darah akibat dari penempelan glikasi di pembuluh darah. maka saringan/glomerolus yang elastis tadi tidak kuat menahan beban tsb yang akhirnya menimbulkan jebol dan rusak nya glomerolus, dan mengakibatkan protein yang bermolekul besar lolos bersama urine, yang terdeteksi dari hasil lab urine proteinuria positif…+1..+2..+3..

Dan jika mempunyai DM, bisa muncul juga glukosuria/ gula dalam urine positif..(glucose harusnya kembali ke peredaran darah).
Terdeteksi juga tingginya kadar ureum (azotemia) dan creatinin dalam darah, kalium juga meningkat dengan memunculkan gejala mual sampai muntah, tidak nafsu makan, sesak, anemia, oliguria (urine hanya <400cc/hr) sampai anuria (kencing menetes <100cc/hr). Nafas berbau uremik, kulit gatal2 karena penumpukan ureum,kulit kering bersisik dan hiperpigmentasi/warna kulit menghitam karena penumpukan zat Fe..
Fungsi ginjal menurun sampai kurang dari 10%..

Pelaksaan
1. Transplantasi ginjal
Harus mencari donor yang bersedia dan cocok

2. CAPD (contnous ambilatory peritoneal dialisis)
Dengan menggunakan lapisan perut/peritoneal sbg pengganti filtrasi dan eksresi (penyaring dan pengeluaran)

3. HEmodialisis
HD hanya menggantikan fungsi filtrasi dan eksresi. Untuk sekresi yaitu membantu proses pembentukan sel darah merah diberikan terapi injeksi hormon eritropoetin dan drip fenover/zat Fe..

4.stem cell
Disebut sel.punca/sel induk utk menghasilkan sel baru. Berada d bone marrow..

Sharing dengan ms tyo
Saat ada sel mati/rusak, maka stem cell bersiap untuk menggantikan dengan sel2 baru..
Contoh kecil saat kita cek gdp…
-saat gdp >80,maka bekas tusukan akan terasa perih swlama bbrp menit sampai bbrp jam hilangnya.
-tapi saat gdp gdp under80 bahkan <60 maka bekas tusukan/rasa perih dan sakit hanya bbrp detik saja.

Itu adalah aktivitas c34 stem cell di bone marrow dalam memberikan komando agar protein cepat melaju ke tempat perlukaan,sehingga saat kf luka cepat beregenerasi dan menutup.
Hal yang sama juga terjadi di sel lain,seperti sel otot, sel jantung, sel darah,sel ginjal.

Bagaimana mengaktifkannya?
Puasa…Tekan gdp under 80..bersihkan glikasi..peredaran darah lancar, komunikasi antar sel syaraf lancar..
karena hanya jika insulin rendah,gdp rendah stem cell akan aktif.

For warriors ginjal..
Jangan menyerah kawan..
Perjalanan memang tak mulus
Tapi masih ada harapan
Harapan ada di kf..
InsyaAllah….

So…
Ayo belajar.. belajar lagi….
jangan menyerah kepada keadaan.. terus berjuang menuju kehidupan yang lebih baik.. tetap ihtiyar terus ya….
Dan endingnya tetap konsumsi Antioksidan terus ya.. yang natural.. bukan teh² hijau yang mengandung pewarna , pewangi.. pengawet .. meski iklannya bisa menurunkan Gula Darah Puasa dengan cepat… pemirsa harus cerdas… untuk menurunkan GDP cepat ya minum saja OAD (Obat Anti Diabetes).. nggak perlu minum teh lagi.. , sepertinya teh hijau curah masih lebih baik…

Hati² juga dengan teh hijau dari negara²nya para gajah.. yang dijual bebas di Mall besar dengan harga per gelas yg aduhai.. dengan warna² cantik.. rasa² kekinian yg nge “Hits” di jaman NOW.. semua orang bisa berkreasi.. berkata apapun..menjual apapun.. tetapi kembali kita tanyakan pada tubuh kita… apakah mereka bisa menerimanya? apakah ada manfaatnya bagi kita?

Ingat sesuatu yang kita minum dan kita makan haruslah bermanfaat bagi tubuh.. karena makanan dan minuman adalah merupakan rejekiNya.. sehingga semuanya harus merupakan bentuk rasa syukur atas nikmatNya. Jangan sampai apa yg kita makan menjadi sesuatu yang membuat kita menzolimi atas nikmat sehat yang sudah dikaruniakan ALLOH SWT kepada kita.
Jangan sampai kita mengkonsumsi sesuatu hanya karena nafsu kita.. dan ke halalannya juga harus diperhitungkan.. karena supaya enak mereka tidak segan mencampurkan bahan² dari sesuatu yang jelas² terlarang bagi kita baik secara kesehatan dan agama.

Mending membeli makanan dan minuman yang diproduksi dengan jujur dan amanah dari saudara² kita.. meski rasanya tidak seenak yang diluaran tetapi mereka menjaga Amanah untuk menjual makanan yang bisa membuat kita sehat. Ayo saudara²ku semangat berkarya .. menghasilkan sesuatu produk yang bisa bermanfaat bagi orang lain.. yg membuatnya harus dengan jujur dan Amanah

Karena EGCG atau Antioksidan apakah bisa menurunkan GDP ?.. jawabnya TIDAK BISA .. ini jawaban JUJUR lho… so kalau Teh Hijau bisa menurunkan GDP dg cepat kita harus curiga terhadap isinya… belajar ya.. belajar..jangan malas membaca.. semuanya ada di ulasan² saya hasil dikuliahi paksuku yang terganteng di dunia Djoko Agus Purwanto… kalau mau jurnalnya bisa minta di komennya ya.. semuanya lengkap.. bukan dg aji perngawuran nulisnya.. semua TULISAN TENTANG ANTI OKSIDAN ada dasar secara ilmiahnya tetapi bahasanya sudah sy sederhanakan.
Untuk Dosis MediTea bagi  para pasien gagal ginjal  ada pengaturan khusus…

dipertimbangkan dengan kondisi pasien saat ini.. testimoni para pasien gagal ginjal banyak yang membaik dan akhirnya berkurang periode HD nya dari 3 x seminggu menjadi 2 x seminggu… kemudian yang 2x bisa hanya sekali..

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat