PROSES PENGOLAHAN MediTea & YANG MEMBEDAKAN KHASIAT DAN MANFAATNYA DENGAN TEHJO LAIN

PROSES PENGOLAHAN MediTea & YANG MEMBEDAKAN KHASIAT DAN MANFAATNYA DENGAN TEHJO LAIN

Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi (nulisnya sejak kemarin pagi)… salam sehat bahagia dan ceria selalu
Awali hari ini dengan penuh syukur karena sudah diberikan keberkahan dalam sisa usia kita… biasakan meminum ekstrak EGCG setiap pagi selagi perut dalam keadaan kosong… agar manfaatnya TOP dalam membantu kerusakan² yang diakibatkan oleh kesalahan² metabolism yang terjadi didalam tubuh kita.

Apakah ekstrak EGCG ini tidak meningkatkan asam lambung kalau dikonsumsi sebelum makan apalagi bangun tidur? Judulnya selama ini kalau minum teh biasa perut selalu perih.. jadi saya takut mengkonsumsi tehjo ekstrak EGCG pada pagi hari sebelum sarapan. Banyak pertanyaan seperti ini .. sebenarnya kenapa sih koq perutnya berasa perih???

Ayo kita kembali ke jamannya Rasululloh… ternyata di jaman beliau “makan nasi” itu bukan merupakan kebiasaan Rasululloh junjungan kita.. apalagi minum manis².. kemudian Rasululloh berpesan sungguh² kepada umatnya bahwa “makanlah secukupnya.. dengan cara makan sebelum merasa lapar.. kemudian berhentilah sebelum kenyang” .
Btw.. ini pesan Rasul lho.. pasti akan ada hikmahnya.. dan ini berarti “ isilah lambung hanya dengan secukupnya saja” yang cekak cingkrangnya 1/3 lambung diisi dengan air.. 1/3 nya dengan makanan .. dan 1/3nya lagi dengan udara.

Sedangkan manusia jaman NOW makan suka lupa² ingat sehingga begitu ngisi perut suka lupa daratan.. rasanya semuanya mau dimakan… signal tubuh yang sudah kekenyangan masih juga gak mau brenti ngunyah.. akhirnya ketika sudah mulai “sakit.. sebah.. beghah.. baru stop” tapi mata dan nafsu ini masih merasa kuranggg terus.. masih ngincar makanan yang lain² and manis². Istirahat sebentar begitu ngrasa perut sudah mulai agak longgar “sikatttt lagi” dan apakah yang beginian ini pernah dilakukan Rasululloh?? Jawabnya cukup dalam hati… sambil tiarap.

Sepanjang hidupnya Rasululloh lebih banyak berpuasa … mirip kita ya… jika mulut diplakban.. kalau saja bisa mungkin kita makan dari mulut² yang lain…
Apakah di jaman Rasululloh sudah ada nasi??? Atau saat dulu Rasululloh import beras dari negara tropis?? Kalau Rasululloh makan gandum memang ya.. tetapi diriwayatkan bahwa Rasululloh jarang makan gandum karena beliau membawa banyak gandum tetapi dibagi²kan pada umat yang lainnya. Lha terus Rasul makannya apa? Rasululloh makan seadanya dan jumlahnya hanya secukupnya.

Dan dikatakan bahwa saat berperangpun Rasululloh lebih banyak dalam keadaan berpuasa.. pokoknya mempelajari riwayat Rasululloh ini membuat saya menjadi makin cinta dan rinduuu akan beliaunya… mulai membayangkan senyumnya.. kehalusan budi pekerti dan akhlaknya.. kata²nya yang lembut dan santun.. pribadinya yang menawan.. serta parasnya nan elok… LMH mah tenggelammm dan bablass.

Apakah Rasululloh juga makan yang tinggi kolesterolnya?? Jawabnya adalah “pasti” karena Rasul makan daging kambing.. onta.. minum sukam.. pokoknya yang berlemak dan kolesterol tinggilah. RAsululloh juga rajin olah raga lho nggak seperti sekarang… kebanyakan manusia “mager” males gerak. Dan jangan lupa apakah Rasululloh minum antioksidan tinggi juga??? Air Zamzam adalah antioksidan yang TOP bingit nggak ada yg bisa ngalahinnya… dan Rasulluloh selalu minum air zamzam.

Tapi karena kita tidak berada di negara tempat Rasululloh hidup.. air zamzam sangat mehonggg.. tetapi untuk hidup dengan cara Rasululloh dengan makan kolesterol tinggi..low carb .. WAJIB ANTIOKSIDAN TINGGI.. karena dalam metabolism non karbohidrat dihasilkan ROS (radikal bebas) yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Di jaman now memang banyak sekali antioksidan bertebaran dimuka bumi… tetapi yang tertinggi di dunia saat ini ratingnya masih dipegang oleh EGCG (Epigalo Cathekin Galat) yang terkandung dalam tehjo. EGCG kandungan antioksidannya masih 100x lebih tinggi dari Vit. C… 25x lebih tinggi dari vitamin E dan 2x lebih tinggi dari anggur merah yang di negara Barat di klaim paling tinggi.. ternyata masih terkalahkan oleh EGCG ini.

Kenapa sih koq EGCG itu antioksidannya sangat dahsyat??? Coba dilihat di gambar 1 ya… gugus OH di EGCG sangat banyakkk sekali.. tetapi saya tidak membahasnya karena nggak begitu “mudheng” tanya ahlinya saja ya… tetapi ringkasnya karena banyaknya gugus OH pada EGCG itulah yang menyebabkan sifat anti oksidannya menjadi sangat tinggi.

Terus apa bedanya dengan teh² yang lainnya.. pada gambar 2 adalah macam² proses pembuatan teh yang biasa kita minum sehari² sejak ratusan ribu tahun yang lalu.

Gambar 2 adalah skema pembuatan dan pengolahan teh serta kadarnya. Ada gambar panah di kiri yang mengarah ke atas dan ada tulisannya CATHEKIN… dan ada panah menurun yang ada tulisannya THEAFLAVINS & THEARUBUGINS.

Kita bahas dahulu dari yang paling bawah..
1. BLACK TEA

Teh hitam diolah melalui fermentasi, dan dibagi dua, yaitu teh orthodox dan teh CTC (Cutting, Tearing, dan Curling). Teh orthodox adalah teh yang diolah melalui proses pelayuan sekitar 16 jam, penggulungan, fermentasi, pengeringan, sortasi, hingga terbentuk teh jadi. Teh CTC (Cutting, Tearing, dan Curling) yakni teh yang diolah melalui perajangan, penyobekan, dan penggulungan daun basah menjadi bubuk kemudian dilanjutkan dengan fermentasi, pengeringan, sortasi, hingga terbentuk teh jadi, dengan waktu pengolahan melebihi 20jam.

Kesimpulan : karena full fermentasi maka warnanya adalah coklat kehitaman pekat dengan rasa dan aroma yang kuat , tetapi memiliki kandungan EGCG yang paling kecil.. karena cathekinnya mengalami kerusakan akibat proses fermentasi.. dan memiliki sifat antioksidan yang paling sedikit dibanding jenis tehteh yang lainnya. Jadi jangan terkecoh dengan iklan² ya …

2. OOLONG TEA

Teh. Oolong ini merupakan teh yang setelah dicacah .. dikeringkan kemudian dipanaskan hingga 330 C hanya 5 menit dilanjutkan difermentasi sebentar saja, kelebihannya dibandingkan dengan tehjo atau tehhitam adalah kandungan Polyphenolnya yang jauh lebih tinggi yang merupakan kandungan penting yang mempengaruhi aroma teh yang memang unik sekali rasanya.

Kesimpulannya : karena melalui proses fermentasi meski sebentar pastilah cathekin yang merupakan antioksidan juga ikut rusak. Tetapi warnanya juga tidak sepekat black tea. Rasanya memang ciamik karena aromanya wangi. Kadar EGCG nya kecil.

3. GREEN TEA

Teh Hijau adalah teh yang paling baik untuk kesehatan tubuh, karena katekin yang merupakan komponen bioaktif, selama pengolahan teh hijau dipertahankan jumlahnya dengan cara menginaktivasi enzim polifenol oksidasi baik melalui proses pelayuan maupun pemanasan. Pada proses pengolahan lainnya, katekin dioksidasi menjadi senyawa orthoquinon, bisflavanol, theaflavin dan thearubigin yang kemampuannya tidak sehebat katekin.

Pengeringan pertama bertujuan mereduksi kandungan air dan memekatkan cairan sel yang menempel pada permukaan daun. Hasil pengeringan pertama masih setengah kering dengan tingkat kekeringan (kering dibagi basah) sekira 30-35%. Mesin yang digunakan pada proses pengeringan pertama ini adalah ECP dengan suhu masuk 130-135°C dan suhu keluar 50-55°C dengan lama pengeringan sekira 25 menit. Disamping memperbaiki bentuk gulungan, pengeringan kedua bertujuan untuk mengeringan teh sampai kadar airnya menyentuh angka 3-4%. Mesin yang digunakan dalam proses ini biasanya berupa Rotary Dryer type repeat roll. Lama pengeringan berkisar antara 80-90 menit pada suhu dibawah 70°C.

Kesimpulan : teh hijau memiliki potensi aktivitas kesehatan yang paling baik. Hal tersebut dikarenakan katekin yang merupakan komponen bioaktif, selama pengolahan teh hijau dipertahankan jumlahnya dengan cara menginaktivasi enzim polifenol oksidasi, kerusakan katekinnya semakin sedikit, tetapi tehjo biasa ini masih mengandung komponen teh yang lain.. sehingga untuk mencapai dosis pencegahan dan pengobatan dibutuhkan min.50 gram dalam sekali penyeduhan hingga tercapai kadar EGCG setara dengan 160mgr.. agar sama dengan kandungan dalam 1 sach MediTea.

4. WHITE TEA

White Tea memiliki tingkat kerusakan yang paling rendah dalam proses pengolahan teh.. tetapi jika kerusakannya paling rendah bukan berarti memiliki kandungan katekin (EGCG) tertinggi , karena WT tidak mengalami “pencacahan” sehingga memiliki kadar katekin yang sangat rendah.

Demikian proses pengolahan “teh” yang ada di Indonesia… terus mengapa koq produksi EGCG tinggi yang dibuat paksu itu gak jadi² ? jawabnya adalah prosesnya ribet dan butuh waktu yang lebih lama dari pembuatan tehjo biasa???

PROSES DARI TEHJO DAUN CURAH s/d EKTRAK EGCG DOSIS TINGGI

Jadi setelah menjadi daun kering tehjo biasa tersebut maka kemudian masuklah pada proses ekstraksi agar didapatkan dalam kandungan per 1 sachet MediTea ini mempunyai kandungan EGCG ± 160-165mgr … awalnya saat ekstraksi dilakukan pula pemisahan kandungan zat² lain yang ada di dalam tehjo tersebut.. semuanya dipisahkan dan dibuang yang diambil hanya EGCG saja.. yang nggak penting dibuangin.. dan disisakan coffein itupun dengan dosis yang sangat kecil 60% dengan asumsi tidak mengakibatkan peningkatan asam lambung. Ini jawaban kenapa koq diminum saat perut kosong juga aman.

Setelah proses pemisahan sehingga didapatkan kadar EGCG saja maka molekulnya harus juga dirubah menjadi mikro.. molekul mikro ini untuk mendapatkan kadar tinggi tapi tidak berupa serbuk yg banyakk.. sebab dg serbuk yg jumlahnya banyak pastilah akan ada endapan yg akhirnya mubazir krn akan terbuang sia2… lha proses ini yg butuh waktu yg lama karena ekstraksinya dg menggunakan air.. tidak dengan alkohol.

Apakah tidak bisa dg alkohol ..jawabnya sangat bisa dan itu lebih mudah… tetapi karena dengan alkohol maka pastilah ada residu atau sisa dari prosesnya.. sehingga meski kecil kadar alkoholnya pasti ada mudhorotnya yg bisa beliau buktikan. Di dalam Islam alkohol tidak boleh dikonsumsi meski sangat kecilll sekali.. karena tidak ada penjelasan yg menyebutkan jika kecil kadar alkoholnya itu halal.

Selama masih bisa dilakukan dengan cara yg lain.. itu yg akan dipilih..karena ilmu dan ketentuan Alloh itu pasti.. dan tidak bisa dirubah oleh manusia.. sedikitpun. Apapun yang sudah menjadi Firman ALLOH sudah tidak dapat diganggu gugat.. jadi meskipun kecilll kadarnya tetap tidak boleh.

Beda sekali dengan Tehjo biasa selain dari besar molekulnya yang lebih besar, didalam tehjo biasa kadar EGCG nya sangat kecil karena masih ada kandungan komponen² lain didalmnya. Sebenarnya komponen² lain tersebut juga merupakan antioksidan , tetapi kadarnya sangat kecil dan kurang potensial jika dibandingkan dengan kekuatan EGCG. Maka dalam risetnya diputuskan untuk menggunakan EGCG saja tidak yang lainnya.

Kekuatan manusia dalam mengkonsumsi tehjo jika berupa daun teh kering (teh orthodok / teh konvensional) sangatlah terbatas.. bayangkan kalau kebutuhan EGCG nya 165mgr maka harus minum 50gr tehjo curah dalam sekali seduh yang “sepetnya ampun²an” yang biasanya sesuai kebiasaan manusia biasanya 50gr tehjo curah ini habis dalam waktu 1 bulan.. kalau 50gr setiap seduhan bisa “pinsan” pasiennya.

Inilah yang menjadi tujuan dibuat formulasi EGCG tinggi dengan proses ekstraksi agar manfaatnya bisa lebih optimal.. terutama bagi yang sedang sakit mereka diharapkan merasa seperti minum teh biasa yang sudah menjadi kebiasaan sejak kecil.. tidak merasa bahwa itu sebagai obat. Karena sudah menjadi sifat manusia “kepatuhan” dalam mengkonsumsi obat itu sangat kecil… bosan.. takut efek sampingnya..

Demikian yang dapat disampaikan pada informasi tentang Cara Pengolahan tehjo MediTea .. mohon maaf atas kekosongan yang ditimbulkan .. kemarin prediksi kami stoknya cukup untuk 2bulan ternyata hanya cukup untuk 2minggu.

Didalam beberapa foto adalah saat kami berada di Tokyo.. lihat ekspresi si Prof. Watanabe.. beliau terheran² dengan harga MediTea yang proses nya sangat njlimett dan bahan bakunya khusus hanya dijual dengan harga dibawah 700 Yen.. dia berkata padahal harga 50mgr EGCG itu 12.300 Yen.. sambil ngusap² kepalanya

Juga saat di Malaysia teman² disana menawari mas Djoko untuk memfasilitasi Pabrik Farmasi khusus memproduksi EGCG dosis tinggi ini… disinipun juga ingin sekali bisa mendapatkan EGCG tinggi dengan harga yang murahhh… mereka antusias sekali meskipun dengan harga tinggi beberapa kali dari harga Indonesia.

Ternyata Menristekdikti juga berkenan mempromosikan secara langsung MediTea sebagai produk unggulan dari Univ.Airlangga yang dihasilkan dari Riset paksu .. menurut beliau seumur² baru kali ini berkenan menjadi “Brand Ambasador” nya suatu produk riset .. gratis pula.. , juga pak Rektor Unair beliau jika ada tamu² ke Unair, MediTea ini yang selalu beliau unggulkan bahkan ketika lawatan ke Luar Negri.

Demikian yang bisa disampaikan.. kurang lebihnya mohon maaf… semoga bisa dimaklumi kondisi ini.. semoga ke depan produksinya bisa lebih lancar.. dimudahkan dan bisa bermanfaat membantu banyak dalam peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia. So.. kalau ada yang bagus dan berkualitas dari produknya anak negri yang dibuat sebagai pengabdian bagi negara dan bangsa tetapi masih juga dikebiri.. apakah tawaran² menggiurkan itu harus diterima?? dialog sang wanita Indonesia dalam hatinya.. semoga tidak tambah manyun…

Wassalamualaikum wr Wb

Andriani Primardiana
10 April 2018

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat