Penyebaran Sel Tumor

Penyebaran Sel Tumor

Saya yg sedih kemarin itu mbak, teman yg Ca colon. Hrs melepas ikhtiyar mediteanya demi konsumsi daun keladi tikus. Perutnya tambah lama tambah besar, ga mau makan. Skarang badannya habis, ngedrop mbak. Mesakke. Tp ikhtiyar itu mang masalah hati yo mbak, keyakinan masing2. Cuma kmarin saya ingatkan lg, trutama teman2 yg ambil MT dari saya, bahwa memilih ikhtiyar yg tepat itu jg penting. Pilihlah skiranya ikhtiyar di jalan yg benar, spy ada ridho Allah disitu.

Dik Dyah…ini jawaban versi revisi dari pak Prof ya

Yo dik DYAH…
Kadang tubuh itu sdh lelah menerima racun2 trs menerus.. mungkin sel Ca nya sdh tdk ada ttp tubuh trs diberi racun.. krn keladi tikus bersifat cytotoxic dia langsung membunuh sel Ca nya… ttp efek sampingnya membunuhsel sehatnya juga. Dan nggak bisa mengenali semua dihajar habis.

Karena chemoterapy, sel sehat itu jumlahnya sdh minim n lemah… klo qt teror terus tubuh akan stress… biasanya memang terlihat mulai errornya fungsi hati.. terjadi sepsis disana sini… lanjut kekurangan protein… pleuritis …efusi pleura…. mulai sesak nafas.. ada cairan di abdomen..perut membesar…yg seperti ini biasanya rentetannya… di banyak kasus..

Bedanya dengan pemberian Anti oksidan… dia utamanya meningkatkan sistem imun yaitu sel CD8 (T Cell) yg bersifat lebih aktif dan mengenali sel Ca secara spesifik… sehingga dengan anti oksidan yg tinggi sistem imun kita menjadi pulih kembali, sedangkan efek samping dari pemberian chemo terapy segera dibuang dg cara pengglontoran dari hati , ginjal dan aliran pembuluh darah.
Begitu juga efek dari radiasi… segera dinetralisir oleh anti oksidan ini..

Pemakaian radioterapy yg berbahaya adl efek sinar yg terbiaskan dg intensitas rendah… sel menjadi rusak tetapi tidak mati…..yg justru memicu terbentuknya sel kanker baru .. pemberian antioksidan akan memperbaiki sel2 yg rusak ini atau mendorong sel yg rusak ini untuk bunuh diri (apoptosis) ….dg demikian antioksidan dapat membersihkan sisa2 radiasi yg mengenai daerah di sekitar sel2 target nya…

Makanya dlm proses radioterapy itu daerah2 target digambari.. dan nggak boleh terkena air… ttp kan di zona target itu juga byk sel sehatnya… sel itu akan dilindungi dg baik oleh antioksidan ….beberapa dokter memberikan antioksidan import dg harga yg sangat tinggi… hingga berjeti2 dan ini yg membuat para pasien dan keluarganya menjadi semakin ngos2an.. hihihihi..

Pada dasarnya, penyebaran sel tumor melalui empat cara:

1. Penyebaran perkontinuitatum: Sel /jaringan kanker menyusup keluar dari organ tempat tumbuhnya, kemudian masuk kedalam organ /struktur disekitarnya.

2.Penyebaran Limfogen: Sel kanker masuk ke saluran limfe, ikut aliran limfe dan menimbulkan metastasis di kelenjer getah bening regional. Sel kanker juga mengadakan infiltrasi dengan struktur sekitarnya sehingga terjadi perlengketan dan membentuk paket (konglomerasi).

3. Penyebaran Hematogen: Sel kanker menyusup ke kapiler darah, masuk pembuluh darah, vena sampai keorgan tubuh lainya, lalu sel kanker tumbuh disana, menjadi tumor baru, merupakan anak sebar, letaknya jauh dari tumor primer.(distance metastasis). Penyebaran hematogen dapat mengenai: Hati Paru, Pleura,Tulang, Kulit, Otak dll.

4.Penyebaran Transluminal: Terjadi dalam saluran, seperti melaui saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan saluran kemih. Sel lepas kedalam kedalam lumen kemudian tertanam pada satu tempat, lalu mengalami implantasi.m Hal serupa juga bisa terjadi dalam rongga tubuh, misal: Rongga Peritonium dan rongga pleura.

referensi: bahan kuliah, tutorial, buku ajar Patologi Robbin’s

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat