RANGKUMAN RISET TENTANG EGCG UNTUK PENCEGAHAN & PENGOBATAN KANKER SELAMA 30 TAHUN KE BELAKANG

RANGKUMAN RISET TENTANG EGCG UNTUK PENCEGAHAN & PENGOBATAN KANKER SELAMA 30 TAHUN KE BELAKANG

.

Assalamualaikum Wr Wb…
Salam sehat dan bahagia selalu dari Surabaya..
Alhamdulillah atas doanya Bapak sudah membaik dengan minum EGCG pekat per 2 jam.. sehingga diare dan muntahnya sudah mereda. Tetapi belum keluar dari RS menunggu pemeriksaan jantung.

(-) – epigallocatechin-3-gallate (EGCG), katekin bioaktif utama dalam teh hijau (GT) telah dipelajari selama hampir tiga puluh tahun terakhir sebagai senyawa yang awalnya untuk efek kemoprevensi kanker dan kemudian untuk kemoterapi kemampuan kankernya.

Senyawa ini telah menunjukkan efek anti-kanker yang cukup dahsyat dalam berbagai kondisi sel praklinis dan sistem model hewan. Namun, aplikasi klinis untuk pasien manusia terhambat oleh berbagai alasan yang mencakup stabilitas dan bioavailabilitasnya.

Akibatnya, hingga 30 tahun terakhir peningkatan jumlah penelitian yang menilai efek yang berasal dari penggunaan EGCG telah digunakan secara singgle ataupun dalam kombinasi dengan senyawa lain dengan memanfaatkan pengaturan operator yang inovatif. Luar biasa banyak jurnal risetnya.. dan bukan penelitian ecek²

Egyptian Journal of Basic and Applied Science Review Article
Cancer preventive and therapeutic effects of EGCG, the major polyphenol in green tea

Mereka merangkum pemahaman terkini tentang efek antikanker EGCG dan dampaknya dengan kombinasi lain pada berbagai jenis kanker. Selanjutnya, di jurnal juga menyajikan informasi yang tersedia untuk mekanisme kemungkinan tindakan EGCG.

Monggo yang untuk para Dokter ataupun tenaga kesehatan bisa dipelajari sendiri .. ada alamat jurnalnya juga. Untuk pemirsah yang bukan dari kalangan medis monggo dicocokkan apa saja jenis kankernya kemudian dibaca rangkumannya. Karena keterbatasan waktu saya untuk menulis seperti biasanya maka saya sertakan tabel²nya saja ya.. penjelasan baca sendiri .. tapi minimal kalau ada gambarnya kita sedikit lebih ngeh.

Atau coba ulangi membaca ulasan² penjelasan saya di www.meditea.co.iddisana sudah kami bahas beberapa.. ini penjelasannya sama tetapi sajiannya saja yg beda..

Di gambar² di bawah dijelaskan bahwa hampir semua kanker bisa terbantukan penyembuhannya dengan EGCG.. ini bukan risetnya Prof. Djoko Agus Purwanto.. tapi periset² Internasional.. dari berbagai belahan dunia.

EGCG pertama kali diisolasi oleh Michiyo Tsujimura pada tahun 1929 di Jepang dan sejak itu empat jenis utama katekin telah ditemukan di daun teh hijau.

Gambar 2 (-) – epigallocatechin-3-gallate (EGCG) menyumbang sekitar 59% dari total katekin dari daun teh hijau, (-) -epigallocatechin (EGC) (19%), (-) -epicatechin-3-gallate (ECG) (13,6%), dan (-) – epicatechin (EC) (6,4%)

Perbedaan fungsional dan struktural antara katekin ini dikaitkan dengan jumlah gugus hidroksil pada cincin-B (Gbr. 2 nggak tayang) dan ada atau tidak adanya gugus galloyl

Di antara katekin ini, EGCG adalah yang paling dipelajari dan dianggap memainkan peran penting dalam kegiatan pencegahan kanker dan terapeutik (penyembuhan)

Puluhan penelitian telah dilakukan untuk menguji efek EGCG pada berbagai target molekuler yang berhubungan dengan kanker dan model in vivo untuk kemoprevensi dan terapi kanker potensial

Mayoritas dari penelitian ini mengamati bahwa EGCG menghambat sejumlah besar target molekul antikanker (Gambar 3) dan proses seluler terkait kanker.

Meskipun hasil yang dicapai dalam pengaturan praklinis, penerapannya untuk manusia telah bertemu dengan keberhasilan yang terbatas karena berbagai alasan termasuk pengiriman sistem yang tidak efisien dan bioavailabilitas.

Beberapa pendekatan optimasi termasuk pemanfaatan pengiriman EGCG berbasis nanopartikel telah digunakan untuk menghindari masalah, misalnya, kami dalam studi seminal memperkenalkan konsep baru “nanochemoprevention” yang memanfaatkan nanoteknologi untuk meningkatkan hasil EGCG dalam kemoprevensi kanker. .

Terapi kombinasi atau politerapi (versus monoterapi) adalah terapi yang mengkonsumsi lebih dari satu obat. Ada beberapa penekanan pada penentuan efek menggabungkan EGCG dengan agen diet lainnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa efektivitas anti-kanker dan ruang lingkup tindakan dari senyawa individu dapat lebih ditingkatkan dengan menggabungkan mereka secara sinergis dengan senyawa kimia yang sama atau berbeda

Kombinasi semacam itu mungkin efektif dalam mengurangi dosis dan resistansi obat, dan secara bersamaan menunjukkan hasil terapeutik yang lebih tinggi

Studi menunjukkan bahwa EGCG dapat secara sinergis menghambat sel kanker in vitro dan in vivo ketika dikombinasikan dengan agen diet lainnya (Tabel 2), seperti gingerol , curcumin , lovastatin , quercetin , sulforaphane, panaxadiol , dan pterostilbene .

Beberapa bukti juga tersedia untuk kombinasi dengan obat²an kemoterapi seperti 5-fluorouracil , capecitabine, cisplatin, docetaxel , doxorubicin dan temozolomide , atau obat²an lain seperti natrium butirat , vitamin C dan asam amino .

Kombinasi EGCG dengan molekul-molekul ini secara sinergis dapat menghambat proliferasi sel kanker, menginduksi apoptosis dan menekan angiogenesis tumor dan pertumbuhannya untuk menyebutkan beberapa jalur yang dipengaruhi oleh penggabungan seperti itu .

Efek sinergis ini, di satu sisi, mungkin terkait dengan peningkatan bioavailabilitas EGCG . Studi menemukan bahwa molekul kecil alami, seperti quercetin dapat meningkatkan bioavailabilitas EGCG in vitro dan in vivo.

Literatur saat ini merangkum pemahaman tentang efek anti-kanker EGCG sendiri dan dalam kombinasi dengan obat² kimia & pengobatan secara medis hasilnya sangat luar biasa selain bisa meningkatkan efektifitas pengobatan sekaligus pemberian EGCG bisa menekan efek samping yang ditimbulkan pada pemakaian obat²an kimiawi.

Jangan pula ketakutan atas mitos² yang diberitakan tanpa uji riset tentang penggunaan EGCG saat mens.. bisa meningkatkan asam lambung.. menyebabkan gagal ginjal.. coba check dahulu kenapa sih koq aslamnya naik.. pasti bukan karena minum MediTea lha di MT isinya hanya EGCG “thok” dan coffein dosis kecillll hanya 60%. Check ya risetnya.. pasien harus cerdas dan cermat.. karena banyak yang mengira EGCG meningkatkan aslam… ini mesti kurang baca.. krn yg meningkatkan aslam itu adl kofein pada tehjo biasa.

Jadi kalau ada pendamping pengobatan yang murah meriah.. sangat aman.. lagipula sudah teruji.. jangan mudah terkecoh dengan berita² tentang kesembuhan yang “ajaib²” ya.. hati² dengan dosa syirik.. eits jangan panik ya .. emang akun shopee ditutup sementara agar stok dapat dikendalikan.. memang jumlahnya sudah krodit tapi masih aman terkendali.

Minta kesembuhan itu kepada ALLOH.. bukan kepada dokter apalagi EGCG.. tapi dokter dan EGCG hanya menjembatani kesembuhan … Bismillah semua harus didorong dengan doa.. dan kesabaran serta keihlasan agar ALLOH ridho memberikan nikmat kesembuhan.

Demikian yang disampaikan terima kasih atas perhatiannya dan kesabarannya membaca status ini

Wassalamualaikum Wr Wb

Andriani Primardiana

#jangantanya
#isijurnalygsulit
#samagakmudhengnya
#stockbelumaman

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat