PENTINGNYA KONSUMSI ANTIOKSIDAN TINGGI  PADA DIET RENDAH KARBOHIDRAT DAN TINGGI LEMAK

PENTINGNYA KONSUMSI ANTIOKSIDAN TINGGI  PADA DIET RENDAH KARBOHIDRAT DAN TINGGI LEMAK

Assalamualaikum Wr Wb
Surabaya, 3 September 2018
ANTIOKSIDAN 2

PENTINGNYA KONSUMSI ANTIOKSIDAN TINGGI
PADA DIET RENDAH KARBOHIDRAT DAN TING GI LEMAK

Minggu kemarin saya membahas tentang antioksidan, dan saya berjanji untuk menulis berapa besar sih kebutuhan antioksidan agar diet Low Karbohidrat dan tinggi lemak ini hingga mendapatkan hasil yang maksimal tetapi tidak beresiko.

Belum sempat dibahas kemarin saya mendapatkan ratusan pertanyaan terkait dengan berita kesehatan yang dimuat di Kompas tentang resiko kematian akibat diet Low karbohidrat ini yng menyebabkan Atherosclerosis Kompas 1 September 2018 (gambar 1)

Sebenarnya tulisan yang dimuat di Kompas itu tidak salah karena memang diambil dari Riset yang dipublikasi tgl 16 Agustus 2018 (pas ultah nikahku 31th ) “THE LANCET” Publicc Health dengan judul DIETARY CARBOHYDRATE INTAKE & MORTALITY : A PROSPECTIVE COHORT STUDY AND META ANALYSIS (gambar 2)

Disini yang dilihat hanya ARIC (Atherosclerosis Risk in Communities Study dari 15.428 orang dengan usia 45-64 tahun. Mereka hanya melihat ARIC saja padahal tidak hanya Diet LOW CARB saja yang beresiko tetapi dalam gambar 2 adalah gambar “U” Shape dimana yang berisoko tinggi adalah TINGGI KARBOHIDRAT

Dalam gambar tersebut menyebutkan yang TERBAIK ADALAH 50-55% resiko karbohidrat yang paling rendah ini berdasar META ANALISIS (kenyataan yang ada di masyarakat ARIC)

Memang HIGHT FAT DIET beresiko karena dihasilkannya reactive oxygen species (ROS). Di artikel tsb diulas akibatnya hanya krn ARIC (Artherosclerosis Risk in Communities) menurut saya malah lebih dari itu. ARIC hanya salah satu penyebab..

Bisa kanker, diabetes, atau penyakit degeneratif lainnya…Artherosclerosis disebabkan krn tingginya kolesterol LDL …LDL ini kalau teroksidasi jadilah plak …pertanyaannya adalah kl tdk teroksidasi bgmn?? …ya dia tetap berada di dalam darah dan masih menjadi resiko sampai dieliminasi ..
Bgmn klo antioksidan endogen maupun eksogen kita cukup?? Maka seperti org naik pesawat …ada resiko jatuh …tapi tdk jatuh ..

Antioksidan tidak hanya Meditea ..itu hanya salah satu. Orang yg tidak stress, mungkin 1 sachet Meditea cukup, tp org yg sering stress tidak cukup.

Akhirnya …semua itu memang Tuhan ingin mengingatkan manusia agar tidak sombong pada saat diberi kekuatan ..siapapun orangnya entah Prof, Presiden , Kyai..atau siapapun tidak akan punya kekuatan klo sudah sakit …

Sumber malapetaka dan marabahaya dalam diet Rendah karbo ini adanya ROS (Reactive Oxygen Spesies) yang disini dikenal sebagai Radikal Bebas.
ROS adalah sumber dari berbagai penyakit.. karena KESEIMBANGAN ANTARA OKSIDATOR & REDUKTOR (ANTIOKSIDAN) sangat penting dalam MENETRALISISR ROS INI.

Dijelaskan disitu bahwa Atherosclerosis disebabkan sumbernya adalah cholesterol , Trigeserida dan asam lemak. Sebenarnya permasalahannya pada LDL yang merupakan “Bad Cholesterol” adalah Low Density Lipoprotein” mengapa koq LDL sangat berbahaya:
** LDL membawa lemak dari hati menuju ke sel.

Kalau yang HDL bagaimana koq disebut sebagai kolesterol baik?
**HDL baik karena dia membawa lemak dari sel ke hati.

Sebenarnya LDL itu lemaknya akan tetap menjadi kolesterol saja dan akan berputar² dalam darah sampai saatnya dia “DIELIMINASI” oleh tubuh, dia akan baik² saja dan tidak mengahasilkan apa².

Tetapi KOQ bisa BERBAHAYA ? yang berbahaya itu jika ada ROS (Si biang kerok dan pelakor) sebagai OKSIDATOR maka kolesterol ini akan menumpuk sebagai plaque (plak) ada di gambar 3.

APA PENYEBAB PLAK ??
1. Kolesterol tinggi
2. ROS
Jika salah satu tidak ada maka tidak akan berbahaya, tetapi adanya ROS itu tidak hanya menyebabkan Atherosclerosis saja tetapi juga menyebabkan penyakit degenerative tenmasuk kanker.

Dalam riset ARIC tersebut Diet Rendah Karbohidrat , meningkatkan ROS , apalagi kalau cholesterolnya diambil dari animal fat. Cholesterol tinggi menyebabkan ROS naik, sehingga bisanya diet tinggi lemak sebagian besar asupannya diambil dari lemak tumbuhan.. yg umum adl alpukat

Disinilah PERAN ANTIOKSIDAN sangat PENTING.
JIKA ANTIOKSIDANNYA CUKUP BAGAIMANA ? Terbentuknya ROS akan segera dinetralisir oleh antioksidan.

Masalah nya kalau antioksidannya kurang.. bagaimana menambahkan antioksidan pada diet rendah karbo dan tinggi lemak??
Antioksidan biasanya ditemukan pada buah²an , vitamin C dan Vit.E. Seberapa banyak buah yang harus kita konsumsi?? Masalahnya buah²an tersebut juga mengandung Karbohidrat tinggi.. akhirnya gugurlah dietnya.. Yang paling memungkinkan adalah penambahan EGCG antioksidan dari tehjo , yang memang sangat luar biasa .. tetapi bagaimana dengan dosisnya?

Gambar 4
Berapa sih kebutuhan untuk para pelaku diet rendah karbo dan tinggi lemak??? Agar terhindar dari penyakit Degeneratif ini?
Dosis minimal adalah 3sachet / hari.. atau 4 sach per hari.. tergantung factor usia dan penyakit yang sudah diderita. Kalau sudah pernah sakit ambil dosis yang untuk Pengobatan 3x 2 sach/hari.. ini minimal ya.

Disebutkan dalam gambar “Duration of Action” yang paling kecil efeknya adalah 8 jam.. dimana para pasien akan lebih kooperatif dalam ketaatannya dalam mengkonsumsi obat.
Obat itu tidak hanya khasiatnya saja yang penting.. tetapi harus nyaman bagi pasien tidak merasa berat dan tertekan. Jadi kami menulis minimalnya saja.

Tapi jika dirubah minumnya per 6 jam an bolehkah? boleh.. kalau per 3 jam an bolehkah? BOLEH..
Ini adalah antioksidan tidak ada bahayanya..

KESIMPULAN :

*Bukan kombinasi karbohidrat dan lemak yang berbahaya , tetapi lemak yang berlebih itu yang sangat berbahaya , apalagi jika lemak tersebut tersimpan didalam tubuh. Tetapi jika lemak tersebut dipakai sebagai energi itu tidak berbahaya.

*Yang berbahaya adalah ketika energi untuk metabolism itu diambil dari karbohidrat, sedangkan kelebihan lemaknya disimpan itu akan menghasilkan ROS yang tinggi.. SANGAT BERBAHAYA.

Menurut saya pribadi.. lemak itu harus dihabiskan .. satu²nya yang paling mudah menghabiskan lemak adalah Diet Low Carbohydrate dan tinggi lemak.

YANG PENTING SEKALI ADALAH PERAN ANTIOKSIDANNYA.. SELAMA DIA TERSEDIA CUKUP DALAM DARAH… BABLASSSS SEMUA YANG JELEK²NYA…

APAKAH DIET NON KARBO DAN TINGGI LEMAK BERBAHAYA? TIDAK BERBAHAYA.. HABISKAN DULU LEMAKNYA … MINUM ANTIOKSIDAN TINGGI.. PUASA.. INSHA ALLOH SEHAT.

APAKAH SUDAH ADA RISETNYA ??? BUANYAKKK…

KALAU DITANYA APA ANTIOKSIDAN YANG PALING TINGGI DI DUNIA??? EGCG…
TERUS ADA YANG TANYA … KALAU MINUM TEHJO BIASA BOLEH TIDAK? BOLEH…
BERAPA GELAS DIBUTUHKAN UNTUK BISA MENEKAN ROS YG DITIMBULKAN? 30 GELAS/ HARI.. GLUDAK…

APAKAH ADA ANTIOKSIDAN TINGGI YANG GAK RIBET BUATNYA.. ENAK RASANYA .. DAN MURAH HARGANYA?? DAH AH .. NGGAK TAK JAWAB.. NTAR NGIKLAN….

BAGAIMANA PENJELASANNYA ADA di gambar ya, buatnya seminggu lho.. materi asli dari suami.. belajarnya sambilan helikopteran jadi lamaaaa gak tayang², maapinnn ya bener² berasa siaran ulang belajar farmakologi.

Wassalamualaikum Wr Wb

Andriani Primardiana

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat