MENGAPA MANUSIA BUTUH ANTI OKSIDAN TINGGI ?

MENGAPA MANUSIA BUTUH ANTI OKSIDAN TINGGI ?

Assalamualaikum Wr Wb
Pagi ini ada pesan penting yang harus segera saya sampaikan , sebenarnya sudah sering saya bahas tetapi banyak sekali yg belum memahaminya.. terutama bagi teman² dengan diet rendah karbohidrat. Mereka seringkali menghilangkan komponen penting tehjo yang sebenarnya menjadi kunci penting dalam protokol dietnya.

Malahan di beberapa protokol diet rendah karbo yang saya dapat disitu mereka tidak menyebutkan peran antioksidan sama sekali.. tetapi hanya menyebutkan kebutuhan air putih yang banyak..

Ini adalah edukasi secara ilmiah.. sama sekali bukan karena kami jualan MediTea, tetapi masyarakat perlu mengetahui bahwa akan sangat berbahaya apabila dalam melakukan suatu diet tinggi lemak tanpa didampingi konsumsi EGCG dosis tinggi.

Antioksidan berperan dalam melindungi lipoprotein densitas rendah (LDL) dan sangat rendah (VLDL) dari reaksi oksidasi. Adapun untuk kanker dan tumor banyak ilmuwan spesialis setuju bahwa penyakit ini berawal dari mutasi gen atau DNA sel.

Perubahan pada mutasi gen dapat terjadi melalui mekanisme kesalahan replikasi dan kesalahan genetika yang berkisar antara 10-15%, atau faktor dari luar yang merubah struktur DNA seperti virus, polusi, radiasi, dan senyawa xenobiotik dari konsumsi pangan sebesar 80-85%.

Radikal bebas dan reaksi oksidasi berantai yang dihasilkan jelas berperan pada proses mutasi ini. Dan resiko ini sebenarnya dapat dikurangi dengan mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah yang cukup

Mengapa begitu .. dalam gambar 1 kami menjelaskan ada 2 bagian.. yang warna hijau di bagian atas.. itu merupakan penghasil ROS (Reactive Oxygen Spesies) yang biasa kita sebut sbg radikal bebas.. itu bisa dihasilkan dari luar dan dari dalam tubuh.
Bahkan olah ragapun juga menhasilkan ROS.. dan ROS juga bisa berasal dari makanan kita, minuman .. obat²an ..

Dalam gambar disebutkan karena ROS itu maka timbullah berbagai macam penyakit.. disini disebutkan hanya beberapa seperti Hypoxia.. gangguan metabolisme.. ER Stress dan penyakit kanker.

Betapa bahayanya ROS ini sehingga dia bisa mempengaruhi metabolisme dalam tubuh yang sudah diatur sedemikian bagus oleh ALLOH SWT.
Kenapa sih koq ALLOH menciptakan ROS ? Karena agar ada keseimbangan dalam hidup manusia.. ada yg sakit ada yang sehat.. ada yg mati dan ada yg lahir. Dan ROS ini apakah bisa dikontrol?? dan dihilangkan minimal dikurangilah efeknya.

Stress oksidatif adalah keadaan tidak seimbangnya jumlah oksidan dan prooksidan dalam tubuh. Pada kondisi ini, aktivitas molekul radikal bebas atau reactive oxygen species (ROS) dapat menimbulkan kerusakan seluler dan genetika

Untuk keseimbangan Semesta disini ALLOH SWT menciptakan lagi yang namanya ANTIOKSIDAN.. yaitu komponen yang DAHSYAT untuk bisa menjadi SCAVENGERS atau PENANGKAP dari si mbk ROS ini. Sepertinya kalau hanya denger namanya kita membayangkannya si ROS ini seperti bunga mawar yang indah tetapi beda ditulisannya .. jadi beda penampakannya… yang sama adalah durinya yg tajammm dan sangat berbahaya…

Dengan Antioksidan yang ada dalam komponen Tehjo yakni EGCG .. ALLOH memberikan banyak kebaikan kepada manusia untuk selalu bersyukur dan bersabar… dengan EGCG Alloh menciptakan penangkap ROS agar manusia terhindar dari sakit.. dari mala petaka dan mara bahaya.

BAGAIMANA CARANYA ???
Sifat antioksidan dari EGCG dapat meningkatkan kemampuan sel untuk mempertahankan kondisi normal dan menjaga kerusakan DNA pada penderita diabetes (Orsolic et al., 2013).

Peningkatan fungsi mitokondria di dalam sel oleh EGCG ikut berperan dalam mencegah terjadinya penuaan dini pada tingkat sel (Meng et al., 2008).

Apa sih RESISTENSI INSULIN itu ? Apakah para mengidap Diabetes selalu kekurangan Insulin??
Jawabnya Resistensi Insulin adalah tidak berfungsinya insulin .. padahal didalam tubuh pasien Diabetes ini ada yang masih banyak insulinnya..

Selain itu, EGCG dapat memperbaiki resistensi insulin, yang dikaitkan dengan peningkatan ekspresi enzim anti-oksidan termasuk Superoksida Dismutase (SOD) dan glutathione peroxidase (Li et al., 2011).

SOD & Glutation itu adalah antioksidan Endogen yang dihasilkan dari dalam tubuh.. ini sebenarnya adalah kebaikan yg sudah ALLOH berikan kepada manusia.. sudah dipersenjatai.. tetapi karena adanya ROS tsb ini tidak berfungsi.

Sedangkan manusia tetap harus berihtiyar menjaga kesehatan dan mempertahankan organ² yang masih sehat .. mengganti yg hampir aus.. dan memperbaiki yang sudah terlanjur rusak.

Dengan pemberian EGCG yang bersifat asosiatif dan tidak secara langsung menunjukkan bahwa penurunan stres oksidatif oleh EGCG per sel adalah mekanisme langsung mencegah resistensi insulin. Diperlukan waktu yang agak lama dengan dosis EGCG yang terukur dan tepat.

Sehingga keseimbangan metabolisme tubuh bisa dikembalikan dengan normal.. EGCG yang akan menjadi penangkap ROS.. sehingga dengan kondisi normal.. yang sakit bisa sembuh.. yang sehat makin sehat.. yang sudah menua menjadi agak muda kembali.. yang sakit dan sempat sering² pinsan bisa berjoget dan ber helikopteran lagi.. bahkan yang sudah angot²an karena menopause bisa terimbas sawan manten lagi.. dan yang penting (*khusus wanita.. Miss V bisa berpelumas lagi yang awalnya jangankan masuk ngintip saja sulit).. (*khusus pria.. saat bangun tidur bisa strongggg lagi.. kaku bingit..dan tahan lamaaa) pokoknya begitu kita bersyukur dan setelah bersabar Insha ALLOH nikmatNya yg hilang diberikan kembali kepada kita.

Banyak yang bertanya kenapa sih manten barunya koq masih lemes dan sendu penampakannya ??? Sepertinya ibunya kurang pintar ngajari karena pengalaman pribadinya duluu juga baru sukses di H19.. tetapi setelah lanyah ntar dunia jadi milik kita berdua … karena kemarin ibu n bapaknya sudah turun gunung sendiri utk ngajari.. tp lha koq yo anaknya sekali ibunya dah 3 kali.. piye to.. karena menunya memang enak.. ssttt jangan mikir porno ya. .. ini cerita sate n gule kambing, ojok dipikir siapa satenya dan siapa gulenya.

Di jurnal² disebutkan

Tabel 1. Beberapa khasiat EGCG sebagai antioksidan menghasilkan efek biologis yang bermanfaat (Kim et al., 2016)

KESIMPULAN :
EGCG memiliki khasiat yang kuat sebagai suplemen untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit berdasarkan aktivitasnya sebagai antioksidan.

Penelitian Yang dan kawan-kawan (2016) menunjukkan khasiat yang amat bermanfaat dari EGCG terhadap penderita diabetes mellitus type2. Pemberian EGCG pada penderita diabetes dapat melindungi ginjal dari stress osidatif.

Lebih dari 40% penderita diabetes mengalami gangguan pada ginjal akibat kerusakan kronis pada microvascular ginjal serta kerusakan saraf kandung kemih. Akibatnya terjadilah gangguan pengeluaran urin sehingga urin akan berada dalam kandung kemih dalam jangka waktu yang lebih lama, dan hal ini berpotensi berkembangnya bakteri yang akan memperparah kondisi ginjal.

Timbulnya radikal bebas atau Reactive Oxygen Species (ROS) juga ikut berkontribusi terjadinya DKD (Diabetic Kidney Diseases) yang bisa berlanjut menjadi gagal ginjal. Pemberian EGCG untuk menekan ROS sangat bermanfaat untuk melindungi ginjal dari kerusakan.

Gambar 3 merupakan hasil penelitian Yang dan kawan-kawan (2016) yang menggam-barkan meknisme EGCG dari teh hijau melindungi ginjal dari kerusakan (renal fibrosis).

So.. Jadi jangan percaya kalau minum tehjo membuat ginjalnya rusak? emang ALLOH menciptakan ginjal semudah buat “jemblem” butuh banyak mekanisme yang bisa merusak ginjal kita ini. Yang punya pikiran ginjal mudah rusak itu ngremehin penciptaNya.. ayo sholat tobat dulu.

Dan yang masih ragu² tentang kebaikan anti oksidan boleh dibuka Pustaka nya

1. Forester, S.C. & Lambert, J.D., 2011. Mol Nutr Food Res. 55(6): 844–854.
2. Jovanovic et al., 1995. J. Am. Chem. Soc., 117, 9881-9888.
3. Kim et al., 2016. Natural Product Sciences, 22(4) : 270-274.
4. Lambert, J. D. & Elias, R. J., 2010. Arch. Biochem. Biophys. 2010, 501, 65- 72.
5. Orsolic et al., 2013. Mutat. Res. 18;757(1):36-44
6. Meng et al., 2008. Rejuvenation Res. 11:649–660.
7. Li et al., 2011. Diabetes Res. Clin. Pract., 93:205–214.
8. Liu et al., 2014. PLoS ONE, 9(3):e91163.
9. Peng, et al., 2014. Scientific Reports, 4, 6251.
10. Yang et al., 2016. Oxid Med Cell Longev. 2016:2968462

Tulisan berikutnya

DOSIS YANG BAGAIMANA SIH YANG MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA ?

APAKAH SUDAH CUKUP KITA MINUM 3-4 GELAS TEHJO YANG ADA DI PASARAN AGAR SEHAT?

BERSAMBUNG EPISODE 2 .. INGAT SABAR DAN SHOLAT ADALAH PENOLONGMU..

#FOLLOWAKUNKAMI
#AGARJADISTARSELER
#BANYAKDISCDISANA
#selainFreeOngkir
#disinitidakmenerimaorder
#shareBebas

https://shopee.co.id/meditea

Wassalamualaikum Wr Wb

Andriani Primardiana
Djoko Agus Purwanto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat