MANFAAT EGCG PADA PASIEN THALASEMIA

MANFAAT EGCG PADA PASIEN THALASEMIA

MANFAAT EGCG PADA PASIEN THALASEMIA
Assalamualaikum Wr Wb
Salam sehat bahagia dan ceria dari Surabaya.

Saudara²ku tersayang kali ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang Thalesemia yang saat ini menjadi momok bagi para orang tua.. tingkat kematiannya sangat tinggi.

Beberapa orang tua pasien Thalasemia ini banyak yang menanyakan kepada saya apakah EGCG yg diformulasi mas Djoko bisa membantu pasien.

Memang beberapa pasien sudah mencoba lama dengan konsumsi EGCG tinggi ini.. dan laporannya Alhamdulillah kondisi putra putrinya sudah lebih baik.. keluhan²nya sudah mulai berkurang..

Apa sih penyakit Thalasemia ini ??

Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal.
Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin.

Hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh. Penderita thalasemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, oleh karena itu tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalasemia juga lebih rendah.

Terdapat 2 jenis thalasemia yang terjadi, yaitu alfa dan beta, dimana kedua jenis ini memiliki kaitan gen yang menentukan kadar keparahan dari penyakit yang diturunkan ini. Thalasemia beta merupakan jenis yang lebih sering terjadi.

Thalasemia terkadang dapat mengganggu aktivitas yang dijalani penderita dikarenakan kadar oksigen yang lemah dalam tubuh. Beberapa hal yang dapat dialami penderita adalah letih, mudah mengantuk, pingsan, hingga kesulitan bernapas.

Selain itu, thalasemia yang tidak ditangani dengan tepat juga dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal jantung, pertumbuhan yang terhambat, kerusakan pada organ tubuh, gangguan hati, hingga kematian.

Gejala Thalasemia

Gejala thalasemia yang dialami oleh setiap orang itu berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan dan tipe thalasemia yang diderita. Untuk bekerja dengan normal, hemoglobin memerlukan 2 protein alfa dan 2 protein beta. Kelainan pada protein alfa disebut dengan thalasemia alfa, dan kelainan pada protein beta disebut thalasemia beta.

Jika terjadi banyak mutasi pada material genetika yang membuat hemoglobin, maka thalasemia yang diderita akan parah. Namun jika mutasi yang terjadi sedikit atau terbatas, maka gejala bisa lebih ringan. Untuk kasus yang parah, transfusi darah akan sering dibutuhkan.
Beberapa contoh gejala thalasemia adalah berat badan yang rendah, sesak napas, mudah lelah, dan sakit kuning.

Penyebab Thalasemia
Mutasi pada DNA yang memproduksi hemoglobin pembawa oksigen ke seluruh tubuh merupakan penyebab seseorang menderita thalasemia. Belum diketahui secara pasti kenapa mutasi tersebut bisa terjadi.

Diagnosis Thalasemia
Tes darah dapat dilakukan untuk mendiagnosis thalasemia. Namun untuk mengetahui tipe thalasemia yang diderita, penderita harus melakukan tes DNA.
Tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi hemoglobin dan mengukur jumlah zat besi yang terkandung di dalam darah. Selain itu, metode ini juga bisa dilakukan untuk menganalisis DNA guna mengetahui apakah seseorang memiliki gen hemoglobin yang mengalami mutasi.

Pemeriksaan pada bayi yang dilakukan saat hamil (pemeriksaan antenatal) berguna untuk memberikan informasi yang diperlukan orang tua untuk mempersiapkan diri. Selain itu, pemeriksaan dini juga bertujuan untuk mengetahui keberadaan penyakit genetika lainnya (misalnya anemia sel sabit).

Pengobatan Thalasemia
Thalasemia kemungkinan dapat diobati dengan transfusi darah tali pusat dan transplantasi sumsum tulang. Namun kedua metode pengobatan ini tidak cocok untuk semua penderita thalasemia dan bisa menyebabkan terjadinya sejumlah komplikasi.

Transfusi darah secara rutin diperlukan bagi penderita thalasemia beta, namun hal ini bisa berakibat kepada menumpuknya zat besi di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Perawatan untuk menyingkirkan zat besi berlebih di dalam tubuh bisa dilakukan dengan terapi khelasi.

Komplikasi Thalasemia
Risiko terkena komplikasi thalasemia dapat dikurangi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Beberapa kemungkinan komplikasi thalasemia yang dapat terjadi adalah hepatitis, osteoporosis, pubertas terlambat, dan gangguan ritme jantung.

tulisan diatas ditulis dari berbagai sumber

MANFAAT EGCG PADA PASIEN THALASEMIA

Kerusakan seluler dan mitokondria dapat disebabkan oleh
Penumpukan zat besi labil (LIP) dan dimediasi oleh oksigen reaktif spesies (ROS) atau radikal bebas.

Pada Hati para pasien dengan thalassemia sangat tinggi kadar LIP dan ROSnya .

Ekstrak teh hijau dosis tinggi yakni epigallocatechin 3-gallatte (EGCG) bisa berpotensi melindungi peradangan hati, fibrosis dan kanker karena mereka anti-oksidatif dan penumpukan zat besi.

Dengan pemberian EGCG tinggi .. EGCG disini bertindak sebagai LIGAND (pengikat logam) yang akan membentuk CHELATE sehingga zat besi yang dilepas pada proses peluruhan eritrosit akan diikat dan dalam bentuk komplek sehingga zat besinya akan larut… Disinilah maka zat besi yang menumpuk di hepar.. luruh sehingga tidak terjadi penumpukan lagi.

Karena kelebihan zat besi akan merusak organ organ lainnya misalnya limpa.. ginjal.. dan jantung.

Hasil Riset yang sudah ada :

Menunjukkan bahwa EGCG tinggi secara efektif menghapus LIP intraseluler dan ROS, menunjukkan efek hepatoprotektif dari ekstrak EGCG dalam hepatosit dengan kelebihan zat besi.

Semakin kesini semakin terbuka lebar betapa banyak sekali manfaat anti oksidan yang tinggi ini … semakin banyak kebaikan yang diberikan oleh ALLOH melalui zat aktif EGCG dari teh hijau ini. Dan kerennya lagi karena berupa minuman maka pasien tidak merasa sedang minum obat.. tetapi merasa seperti minum teh.
Karena sejak kecil kita sudah biasa meminum teh.. tetapi memang diperlukan dalam jumlah yang sangat besar agar manfaat pencegahan dan pengobatannya bisa tercapai.

Dan yang paling penting ekstrak EGCG ini tidak bertentangan dengan pengobatan Medis … justru pengobatan Medis yang tersohor memiliki efek samping yang aduhai ini jika dikolaborasi dengan pemberian EGCG justru manfaat Terapeutiknya lebih dahsyat dan meningkat dengan efek samping yang sangat rendah.

Tetapi sayangnya beberapa dokter yang masih konvensional dan kurang memahami ilmu tentang antioksidan yang terkandung dalam ekstrak EGCG ini masih agak sensi menggunakannya karena ada pundi² yang kesenggol … mereka lebih suka mendampingi pasiennya dengan menggunakan antioksidan dari merk paten yang harganya “aduhai” karena pihak pabrikannya memberikan imbalan yang “semlohay”. Padahal kadar antioksidannya meski mahal Insha ALLOH masih berada dibawah jauhh dari ekstrak EGCG ini. (gak nulis merk ntar dikira iklan lagi)

Makanya saya dalam menulis selalu saya sertakan rujukan jurnal ilmiahnya agar para pasien mempunyai senjata berbagi ilmu tentang EGCG ini dengan para dokternya. Karena pengobatan itu sangat relative.. bahkan Obat yang paling mahalpun tidak bisa menjamin kesembuhan suatu penyakit.. juga dokter yang paling TOP pinternya juga tidak menjamin seorang pasien bisa sembuh. Karena pastilah kemampuan manusia itu ada batasannya.

Sekali lagi di atas langit masih ada langit… ilmu ALLOH sangatlah luas.. jangan pernah sombong atas ilmu yang kita miliki.. terus belajar hingga akhir hayat.. terbukalah dengan ilmu² baru karena dunia ini berputar.. ilmu itu berkembang.. belum tentu ilmu yang kita pahami dan dapatkan hingga kini .. kelak akan akan tergantikan dengan ilmu² baru berdasarkan penelitian² yang lebih canggih. Dan sebelum “berkata” lebih baik diam .. baca dan belajar dulu… jangan berpikir yang negative dahulu terhadap ilmu² baru.. karena seorang ilmuwan dan peneliti tidak pernah punya maksud jelek pada penelitiannya.

Justru ide untuk meneliti adalah karena ke inginan nya untuk bisa membantu orang lain dengan lebih baik sehingga sakitnya bisa sembuh… memperkecil efek sampingnya… meskipun belum tentu sepanjang hidupnya kebaikan itu didapatkannya.. namun semoga kelak banyak peneliti² muda yang akan meneruskan perjuangannya hinga memberikan suatu hasil yang lebih baik. Ayolah bantu dan dukung teman² yang bertujuan baik.. jangan dimusuhi dulu, Insha ALLOH tidak akan rugi orang yang membantu orang lain.. justru dia akan memperoleh kebaikan yang sangat banyakkkkk dan itu PASTI dan SUDAH DIGARANSI oleh ALLOH.

Next akan saya tulis proses pembuatan ekstrak Tehjo MediTea yang sering kosongnya daripada ready nya hehehehehe.. maafkan.. perjuangan dan kebut mengebut dalam proses produksinya sudah gaspol.. prediksinya cukup 2bulan hingga produksi berikutnya.. tetapi ternyata 2minggu saja sudah bablas.. dan kami menjadi buronan kembali.

Wassalamualaikum Wr Wb

Andriani Primardiana

www.meditea.co.id
*maafkeunnn#
*stokkosonglagi#
*akhirMei#
*jurnalfulltext-emailsaya#

email ke andri.primardiana@gmail.com

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat