EGCG & KECANDUAN ROKOK

EGCG & KECANDUAN ROKOK

Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi .. salam sehat & bahagia dari Surabaya
Materi edukasi ke 5 nanti sore ya tayangnya.. ini mumpung belum lupa jadi saya tulis dulu ceritanya.

EGCG DAN KECANDUAN ROKOK

Setelah saya itung² beliau adalah tamu kami yang ke 11 yang sudah bercerai dengan rokoknya.
Berawal dari curhatan para istri yang juga para pasien kanker, tetapi ada yang teman FB.. teman ngaji.. dll.. lha teman kami ini buanyakkkkk.

Pasangan beliau ini adalah ahli hisab yang sulit sekali menghentikan rokoknya, bahkan ada diantara mereka akhirnya karena sudah mencoba men stop kebiasaan rokoknya tetap tidak berhasil, padahal kalau saya puasa bisa lho mbk Andri tidak merokok… namun ketika berbuka wes langsung ngrokoknya nyepur.

Akhirnya para istri berinisiatif memberikan MediTea kepada anggota keluarganya yang perokok, memang berapa lama hingga berhasil mereka sendiri juga lupa, tapi ada yg di awal suaminya mual² muntah.. diare… & si istri memberikan pengertian dengan nada putus asa..daripada Papa terkena kanker ayo diminum saja teh nya jadi min. masih ada penjagaan meskipun merokok. Cuman minum Teh hijau saja koq ya biar sehat.. itu kira² yg diomongin sang istri.. karena sudah ampun².

Akhirnya karena sudah terbiasa meminum MediTea lama kelamaan keluhan adaptasi awal tersebut berkurang biasanya rasa itu hanya sekitar semingguan…. Dan entah bagaimana si sesebapak tersebut awalnya menjadi enggan merokok.. tapi diam saja.. lambat laun ketika merokok mulutnya menjadi asam.

Ada juga yang bercerita ketika merokok baru 1-2 sedotan jadi mual.. ada pula yang ketika merokok berasa pening. Alhamdulillah dari sini kemudian tanpa disengaja rokok 1 pack bisa menjadi 1 minggu itupn banyak buangnya tapi karena kebiasaan jari “Nggepit” rokok mereka merasa ada sesuatu yang hilang.

Lambat laun 1 pack sebulanpun tidak habis, dan keinginan untuk merokok menjadi tidak ada, bahkan menjadi sangat sensitif kalau bau asap rokok menjadi mual.. bahkan pening.

Dan semalam saya mendapat tamu yang sudah 48th menjadi perokok… sudah semua ihtiyar dilakukan untuk bisa stop.. semua sudah dijalani mulai hipnoterapi.. ngemut permen.. rokok elektrik dll mental semuanya.. tetapi bisa berhenti total dari rokok .. apa karena minum MediTea ya Prof??? Saya minum MediTea 3×2 sach awalnya karena gangguan prostat dan sulit ereksi.

Ternyata saya mendapatkan dua manfaat yakni saya berhenti merokok dan sayapun menjadi sembuh karena penanda tumornya dari 14 saat ini menjadi 4.5.. semoga sebentar lagi normal. Dan sayapun pinisirin koq bisa begitu..dan…

Jurnal terbaru Desember 2017, tersebut menyebutkan berdasar penelitian in vivo dan in vitro mengungkapkan bahwa Antioksidan EGCG yang ada dalam teh hijau mampu mengais (membersihkan) radikal bebas yang dihasilkan oleh nikotin dan sehingga mampu memberi perlindungan terhadap perubahan biokimia yang disebabkan oleh merokok.

Dalam Studi in vitro disebutkan bahwa teh hijau menunjukkan aktivitas pembersihan radikal bebas yang kuat. EGCG dalam teh hijau mampu memberikan perlindungan terhadap perubahan biokimia yang disebabkan oleh merokok.

“Studi kami mungkin mewakili bahwa dalam kasus kanker paru-paru, karsinogenesis yang dipicu dengan merokok dapat dimodulasi oleh konsumsi teh hijau dan lingkungan faktor pertumbuhan,” kata Lin.

12 Januari 2010 (Coronado, Calif.) – Minum secangkir teh hijau atau lebih sehari dapat menangkal dampak merokok pada kanker paru-paru, terutama pada perokok yang mungkin secara genetik tidak rentan terhadap kanker, menurut seorang Taiwan. peneliti.

“Antioksidan dapat menghambat pertumbuhan tumor,” I-Hsin Lin, seorang mahasiswa pascasarjana di Chung Shan Medical University di Taiwan, mengatakan kepada WebMD. Dia mempresentasikan temuannya hari ini di American Association of Cancer Research – Asosiasi Internasional untuk Studi Pertemuan Kanker Paru di Coronado, California

Lin menemukan efek perlindungan terutama terlihat pada sekelompok perokok yang ia pelajari yang memiliki genotipe spesifik yang belum dikaitkan dengan risiko kanker dalam beberapa penelitian.

Tim Lin mengevaluasi 170 pasien dengan kanker paru-paru dan 340 pasien sehat. Mereka meminta para peserta untuk menggambarkan kebiasaan merokok, kebiasaan minum teh hijau, dan faktor gaya hidup lainnya.

Mereka meminta peserta untuk menggambarkan kebiasaan selama lima tahun sebelumnya, kata Lin.

Para peneliti melakukan genotipe pada para peserta untuk melihat apakah mereka memiliki genotipe yang ditemukan dalam beberapa studi yang terkait dengan risiko kanker. Ini termasuk IGF1 (insulin-like growth factor 1), IGF2, dan IGFBP3.

Monggo dibaca jurnal²nya karena ternyata untuk para perokok dengan mengkonsumsi EGCG bisa membantu untuk menekan efek samping dari nikotin dengan mengeluarkan racun² yang sudah menempel hingga berkerak, dan ketika racun² tersebut sudah hilang dan kondisi tubuh mulai membaik maka mereka akan mengehentikan dengan sendirinya kebiasaan merokoknya.

Semoga bermanfaat, karena sebenarnya hampir semua para perokok itu tidak bisa mengehentikan kebiasaan merokoknya karena kebiasaannya , tetapi jika mereka sedikit saja lebih care terhadap kesehatan baik untuk dirinya ataupun untk keluarganya, semua Insya ALLOH bisa terjadi, karena seperti yang sudah disampaikan oleh Alquran via Rasululloh :

Berikut ini beberapa ayat Al Qur’an dan hadits terkait dengan makanan yang baik, halal, dan haram:

QS Al Baqarah: 168
يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي الأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

QS Al Baqarah: 172
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُواْ لِلّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.

Di dalam ayat ini, Allah mengulangi kembali agar memakan makanan yang baik, sebagaimana yang ditegaskan dalam ayat 168. Selanjutnya Allah menyeru agar selalu bersyukur terhadap nikmat-Nya jika benar-benar beribadah dan menghamba kepada-Nya.

QS Al Baqarah: 173
إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Yuk sebelum kita sakit juga sebelum keluarga kita sakit marilah kita bersama² merubah kebiasaan kita menjadikan hidup ini menjadi lebih baik.

Banyak kekurangan dalam tulisan saya kali ini, tetapi tidak ada niatan jelek sedikitpun disini. Bagi para perokok tidak usah komen yang menyakitkan hati, terserah pilihan ada pada diri anda sendiri.

Wassalamualaikum Wr Wb

Andriani Primardiana

#NoBully
#ShareTanpaIjinMonggo

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat