EGCG DALAM PENCEGAHAN & PENGOBATAN HYPERTENSI , STROKE

EGCG DALAM PENCEGAHAN & PENGOBATAN HYPERTENSI , STROKE

Assalamualaikum Wr Wb
salam sehat dan bahagia selalu
Edukasi ” PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN HIPERTENSI & STROKE ”

Seperti yang diketahui bahwa penyakit darah tinggi yang dikenal dengan nama hipertensi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Resiko ini dapat menimbulkan beragam hal seperti ketidak nyamanan hingga tak sedikit kemungkinan akan menjadi stroke.

Hipertensi merupakan “silent killer”?? “Pembunuh Diam- diam”, karena tanda dan gejala hampir tidak pernah muncul, sehingga diam-diam akan menyerang jantung paru-paru, pembuluh darah, otak dan ginjal. Gejala paling lazim yang sering ditemui adalah nyeri kepala dan kelelahan.

Hipertensi adalah keadaan dimana tekanan di dalam darah ini pun akan lebih mudah untuk TERUS NAIK dibandingkan STABIL ataupun TURUN. Bahkan gejala hipertensi tak dianggap serius dan dikesampingkan begitu saja. Karena pasien tidak merasakan adanya gejala² khusus padahal tensinya sudah diatas normal.

Bukan karena enggan untuk menjaga kesehatan tubuh namun resiko dari penyakit darah tinggi ini menyerang tanpa disadari. Hingga suatu ketika keadaan tubuh telah sakit barulah disadari.

Peristiwa yang demikian ini pun sering kali terjadi , kenaikan darah yang tiba² hingga menjadikan diri berstatus menderita penyakit darah tinggi. Status resiko ini juga tak pandang bulu bahkan dapat menyerang di usia muda hingga tua dan tak hanya menyerang di usia senja saja.

Bilamana keadaan ini terus didiamkan begitu saja, maka besar kemungkinan kematian bisa menjemput dengan mudahnya. Bahkan sekalipun masih tertolong tak akan dapat bergerak seleluasa sebelumnya karena stroke yang dialami.

Menurut Data Riskesdas 2018 , Stroke merupakan penyebab kematian tertinggi yang sudah mengalahkan penyakit TBC, Jantung … Luar biasa sekali.

Karena perubahan gaya hidup dari agraris menjadi industri membuat pergeseran gaya hidup di jaman dahulu orang² yang terkena hipertensi biasanya sudah tua² diatas 40tahun, tapi saat ini usia 17tahun sudah mengalami stroke, bahkan temannya Deifa masih usia 25th kemarin meninggal karena pendarahan otak. Juga banyak sekali yang datang ke kami sudah menderita hipertensi sejak usia muda.

Tekanan darah yang tinggi menyebabkan aliran darah menjadi sangat deras disertai terjadi kekakuan dari dinding pembuluh darah, akibatnya karena derasnya aliran darah (seperti selang air yang kita pencet ujungnya) tersebut sedangkan dinding pembuluh darahnya tidak lentur maka bisa mengakibatkan pecah atau njeblosnya dinding pembuluh darah tersebut dan terjadilah pendarahan maka terjadilah stroke.

Kalau lokasi perdarahannya tidak lebar maka kemungkinan bisa sembuh tetapi jika lokasinya di daerah tertentu misal di otak.. hal ini akan sangat sulit ditangani..

Berapa sih sebenarnya tekanan darah yang normal itu?? Yaitu sistolik (bacaan atas) nya 120mm hg dan bacaan bawahnya (diastolic) 80 mm hg. Diatas itu bagaimana.. baca di gambar ya saya sertakan datanya. Kalau menurut Prof. Yogi tekanan darah itu harus di posisi 120/80 mmhg.

BAGAIMANA PERANAN ANTIOKSIDAN EGCG DALAM PENCEGAHAN DAN PENGOBATANNYA?

EGCG dari teh hijau sudah dipakai untuk pengobatan sejak 2000 tahun SM, antioksidan dalam the yang tertinggi adalah EGCG yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan pembuluh darah tetap lentur atau elastis, dinding pembuluh darah itu harus lentur karena ketika tekanan darah nya tinggi maka dindingnya harus bisa mengikuti tingginya tekanan agar tidak mudah pecah. Kalau kaku dengan tekanan yang tinggi maka akan robek / pecah dan terjadilah stroke.

Kerusakan dinding pembuluh darah ini juga menyebabkan timbulnya plak.. karena kholesterol.. (nanti bahasnya di lain waktu)

EGCG menjaga agar elastisitas pembuluh darah sehingga tekanan darahnya tidak tinggi. Beberapa riset di japan yang dilakukan untuk para penderita stroke dengan pemberian EGCG ini kerusakannya menjadi lebih ringan, serta pemulihan dari saraf² yang mengalami kerusakan akan lebih baik dan cepat.

EGCG dipakai sebagai ajuvan (pendamping) obat² hipertensi , pasca stroke dengan pemberian MediTea hasilnya sangat bagus , dibandingkan dengan pasien yang tidak mengkonsumsi EGCG.

Pada MediTea jumlah EGCG antioksidannya sangat tinggi yang berfungsi untuk proses penyembuhan, tetapi coffeinnya sangat rendah, beda dengan the² hijau yang berada di pasaran meskipun yang mahal sekalipun karena bentuk MediTea adalah ekstraksi maka memenuhi persyaratan sebagai pengobatan.

Bagaimana cara konsumsinya?? Apakah obat hipertensinya terus dilepas?? Tetap dikonsumsi obat anti hipertensinya tetapi MediTea sebagai pendamping/ suplemen dalam pengobatan ini, dan Inshya ALLOH lambat laun ketika kondisi tubuh sudah mulai bergerak menjadi normal sedikit² dosis dari OAH (Obat Anti hipertensi) bisa mulai diturunkan dan diminum saat tensi naik.

Pembuatan buku catatan tekanan darah sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.. meski naik tensinya tetapi selalu berada dalam penjagaan dan monitor, hal ini perlu dilakukan agar jangan sampai terjadi hal² yang memperparah kondisi.

Saya sertakan tanda² gejala hipertensi dan bagaimana tindakan yang harus kita lakukan apabila ada serangan stroke.. bagaimana mengenalinya.

Stroke termasuk salah satu penyakit berbahaya yang membunuh secara diam-diam (the sillent killer) akibat kelumpuhan otak, atau paling tidak dapat menyebabkan kecacatan.

Selain penyebab utama kematian dan kecacatan, penyakit ini juga menjadi penyebab kedua terbanyak terjadinya pikun (demensia).Untuk menghindari akibat fatal tersebut, pasien perlu mendapatkan pertolongan cepat sebelum 4 sampai 5 jam setelah mengalami serangan stroke yang disebut dengan peluang emas yang menentukan (golden time). lihat gambarnya.

“Stroke adalah serangan otak yang timbul secara mendadak, sebagai akibat dari gangguan aliran darah karena adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah tertentu di otak, sehingga terjadi gangguan fungsi otak sebagian atau menyeluruh.

Sel-sel pada otak manusia yang kekurangan darah pembawa oksigen atau zat-zat makanan, dapat menyebabkan kematian dalam waktu relatif singkat”

Otak manusia mempunyai 100 miliar sel saraf dan triliunan sambungan saraf. Walaupun berat otak hanya 2 persen dari berat tubuh, tetapi 70 persen oksigen serta bahan gizi lain yang dibutuhkan tubuh manusia digunakan untuk memastikan otak berfungsi dengan baik.

Berbeda dengan otot, otak tidak mampu menyimpan zat gizi untuk cadangan, sehingga membutuhkan aliran darah segar untuk bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Stroke terjadi bila pasokan darah mengalami hambatan, dan jaringan otak kekurangan darah. Bila otak mengalami kekurangan pasokan oksigen dan zat gizi penting dalam waktu 4 menit saja, maka sel otak akan mati.

Yuk belajar tentang bagaimana pola hidup sehat.. mulai mengurangi asupan karbohidrat.. glukosa .. tepung²an perbanyak berpuasa dan rutin olah raga.

Kalau mau mendengarkan rekam suara penjelasan Prof. Dr. Djoko Agus Purwanto dan dr. Abdulloh Machin Sp.S bisa japri di WA 087852630980

Semoga bermanfaat.. jika mau share monggo…

Wassalamualaikum Wr Wb

Andriani Primardiana

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat