MANFAAT PEMBERIAN EGCG MediTea PADA PASIEN DOWN SYNDROME

MANFAAT PEMBERIAN EGCG MediTea PADA PASIEN DOWN SYNDROME

MANFAAT PEMBERIAN EGCG PADA PASIEN DOWN SYNDROME

Alhamdulillah .. mulailah terkuak sedikit demi sedikit ilmu ALLOH via kebaikan kebaikan yang diberikanNya kepada umat manusia , semoga ilmu yang sedikit ini bisa terus berkembang dengan baik sehingga banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Saya seringkali trenyuh pada adik-adik yang mempunyai kespesialan dengan Down Syndrome, ujian sebenarnya diberikan khusus kepada orang tua yang diamanahi anak tersebut.. seorang anak yang terlahir dengan tanpa dosa dan Insha ALLOH terbebas dari dosa, selalu ceria dan berbahagia meski dalam kondisi yang bagi kita sangat berat.. tetapi anak² surga ini tidak pernah merasakan apa yang kita rasakan.

Sangat kagum dan penghargaan yang luar biasa saya pada para orang tua anak² surga , dengan sangat sabar memberikan bimbingan dan pengasuhan tahap demi tahap kepada buah hatinya. Penjagaan yang sangat special yang harus selalu mereka lakukan pada buah hatinya.. bukan saja pada pengaruh negative yang selalu mengancam bahkan pelukan hangat terhadap pandangan “heran & geli” dari orang² yang melihat mereka.

Tidak ada yang pernah meminta Amanah seperti ini.. tetapi yang bisa para orang tua dengan anak² DS ini adalah menerima mereka dengan ihlas.. ”Cintai dia. Sayangi dia sebagaimana orang tua kita menyayangi kita, dan jangan lupa untuk selalu bersabar dengan tidak berbatas.”

Alhamdulillah saya selalu menemui banyak keluarga dengan anak DS ini menyatakan bahwa punya anak penyandang DS justru makin mengakrabkan keluarga mereka. Kakak adiknya menjadi tidak egois tetapi lebih berempati, dan mereka akhirnya bisa memahami keterbatasan saudaranya. ”Kesabaran kami sebagai orang tua mendapat imbalan yang besar, dan akhirnya membuahkan hasil,”

Dan qodarulloh Anak² DS ini memiliki dan memberikan begitu banyak kebahagiaan dan kasih sayang. Kata teman² ortu anak DS.. dia telah membantu saya lebih bersimpati kepada orang lain yang punya keterbatasan.” Mereka menerima dan bisa merasakan suatu kebaikan dan kasih sayang yang mereka terima. Dan anak² DS ini otomatis akan membalasnya dua kali lipat dari yang kita berikan.” Subhanalloh.
Membesarkan anak penyandang DS tidak selalu mulus. Butuh banyak waktu, upaya, dan dedikasi, serta kesabaran dan harapan yang realistis.

”Para penyandang DS terus bertumbuh dan belajar seumur hidup mereka, dan memperoleh manfaat dari berbagai kesempatan dan pengalaman yang baru” Banyak juga yang berprestasi… pokoknya ayok kita maksimalkan kemampuan mereka.. buah hati kita.
DS di seluruh dunia diperkirakan mencapai 1:700 angka kelahiran, diperkirakan kurang lebih ada 8 juta anak pengidap Down syndrome. Berdasarkan hasil survei tahun 2010, pengidap Down syndrome di Indonesia mencapai lebih dari 300,000 anak.

Alhamdulillah kemarin saya diajari oleh mas Djoko tentang manfaat EGCG pada penderita Down Sindrom (DS) ini. EGCG ini ternyata sangat bagus jika dikonsumsi oleh para penderita DS. Anak² DS ini memiliki ekspresi MMP 9 yang sangat tinggi .

Apakah MMP 9 itu ?
kepanjangannya Matrix metallopeptidase 9 (MMP-9) yang dipergunakan untuk sel kanker yang mengalami metastasis (berpindah tempat atau melakukan penyebaran). MMP9 digunakan oleh sel kanker untuk melubangi pembuluh darah sehingga dia bisa “move on” dari satu tempat ke tempat yang lain. Sel kanker ini memiliki kondisi yang tidak normal.
Dalam penelitian tentang EGCG hingga yang terkini (jurnal 2018) disebutkan bahwa EGCG bisa “nge blok” MMP9 ini.

Lantas apakah hubungannya dengan kondisi Down Sindrom ini?
Pasien DS memiliki “ekspresi” MMP9 dari sel yang sangat tinggi meski dia bukan sel kanker. Jika produksi MMP9 tinggi maka dia akan merusak NGF ( Nerve Growth Factor) . MMP tinggi maka NGF tidak pernah me “mature” kan sel² saraf pada pasien DS sehingga terjadilah yang dinamakan Down Syndrome.

Jika MMP9 pada pasien DS bisa ditekan dengan pemberian EGCG dosis tinggi maka dia akan memberikan kesempatan NGF untuk mematangkan pertumbuhan sel saraf dengan optimal sehingga efek DS nya akan berkurang.

Dosis pada anak² sampai dengan 10 tahun adalah 3x 1 sach EGCG (MediTea) , jika anak² dengan usia diatasnya bisa diberikan 3x 2 sach setiap harinya.

Mengapa EGCG justru harus diberikan pada anak² atau pada saat seorang ibu hamil dengan resiko DS? Karena pada pasien DS memang harus dikejar kondisinya semaksimal mungkin. Mulai kehamilan 3 bulan hingga anak berusia 3tahun perkembangan otaknya sudah 80%, sehingga jika diberikan saat “golden period” maka perbaikannya akan sangat optimal.

Mengapa manfaat EGCG bisa untuk berbagai penyakit ?
Jawabannya sederhana yaitu karena EGCG bekerja memperbaiki segala sesuatu yang tidak normal.. ibaratnya EGCG itu adalah “tukang servis” segala yang nggak beres ditubuh manusia. Karena sebenarnya mengapa sih kita koq bisa sakit ? Karena sakit itu terjadi akibat dari ketidak normalan system metabolism pada tubuh manusia.

Tetapi setelah usia 3tahun sisa nya hanyalah 20% yang bisa dikejar. Apakah bisa membantu ? Insha ALLOH bisa tetapi memang kurang optimal , tetapi daripada tidak sama sekali. Dan menurut berbagai testimoni dari para orang tua pasien DS .. putra putri mereka lebih focus dan bisa menerima pelajaran lebih baik. Mereka meningkat motoric halusnya.. mulai lebih tanggap … ada juga seorang ibu yang bilang bahwa anaknya mulai bisa merasakan respon misal “pipis atau BAK” .

Beberapa dari mereka mengatakan setelah 3tahun konsumsi EGCG putra mereka mulai cerewet.. meski lafalnya belum terlalu jelas tetapi mereka mulai bisa berkomunikasi dengan orang lain. Mereka juga mulai cepat mempelajari Bahasa isyarat dan perkembangan motoric kasarnya lumayan pesat.. dahulu lemes sekali.. sekarang Alhamdulillah lebih baik, jalannya bisa lebih cepat dan tegak.. tidak mudah jatuh karena lebih seimbang.
Dibalik kekurangan penderita Down syndrome terdapat kelebihan yang terpancar. Semangat juang anak penderita Down syndrome untuk tumbuh dan berkembang perlu diacungi jempol. Keren pokoknya.. mereka tidak pernah bosan berjuang….

Kemajuan sedikit sekali bagi anak² DS itu merupakan sesuatu yang sangat luar biasa dan sangat disyukuri. Untuk bisa mandiri dalam hal² kecil itu perjuangannya sangatlah besar… dan semoga kebaikan² senantiasa diberikan kepada keluarga yang memiliki putra putri DS untuk selalu mendapatkan keberkahan dala kehidupan nya serta kebaikan² yang selalu menyertai sisa usianya..

Semoga kita termasuk orang-orang yang bersabar ketika menghadapi musibah, baik dengan hati lisan atau pun anggota badan. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk hamba-hamba-Mu yang selalu ridho dengan taqdir-Mu.

Semoga bisa bermanfaat

Wassalamualaikum wr Wb

Andriani Primardiana

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat